Saturday, June 2, 2012

Signe de l'amour


-Di Bawah Naungan Cinta-

Dalam cinta ada tanda-tanda. Orang yang cerdik mampu mengenalinya, dan orang yang cerdas mampu menunjukkannya.

Tanda pertama dalam cinta adalah pandangan mata. Melalui pandangan mata rahasia-rahasia jiwa bisa diungkap, pesan-pesan jiwa beserta kedalaman isinya bisa disingkap.
Selanjutnya, tanda-tanda jatuh cinta bisa dilihat dari sebuah percakapan. Orang-orang yang jatuh cinta akan melayani percakapan orang yang dicintainya. Ia nyaris tak mau melayani pembicaraan orang lain, selain ia yang tercinta.

Tanda-tanda cinta lainnya bisa dilihat dari gerakan tubuh orang-orang yang jatuh cinta. Tanda berikutnya adalah keraguan sekaligus kegembiraan yang tergambar dari wajah kala tiba-tiba bertemu dengan sang pujaan atau ada kegugupan manakala berpapasan. Juga ia mengerjakan segala perbuatan yang biasa dilakukan sang pujaan.

Amboi! Cinta telah mengubah orang yang bakhil menjadi dermawan. Cinta telah mengubah sang pendiam menjadi banyak bicaranya. Cinta telah mengubah sang penakut menjadi sang pemberani luar biasa. Cinta telah mengubah sang buruk perangai menjadi berbudi mulia. Cinta telah mengubah yang tadinya malas berhias menjadi pesolek di depan kaca. Cinta telah mengubah si miskin berlagak kaya. Cinta telah mengubah si tua berlagak muda. Cinta telah mengubah sang pecundang menjadi pemenang. Dan itulah cinta!
Sesungguhnya, cinta merupakan sesuatu yang bersemayam dalam jiwa. Bisa jadi, seseorang jatuh cinta karena suatu “sebab”. Namun cinta jenis ini tidak akan abadi. Orang yang mencintai kita dengan  suatu “sebab”, cintanya akan berpaling seiring menghilangnya “sebab” itu. —semisal, kita mencintai seseorang hanya karena keindahan fisiknya semata, seiring bertambah usianya dan meluntur kecantikkan wajahnya, cinta itu bisa saja hilang.

Adapun cinta yang kekal, yang paling utama adalah cintanya dua orang yang saling mencintai karena Allah semata…


Ibnu Hazm El Andalusy

3 comments:

  1. makasih ya sharingnya.
    kalau bisa jelaskan cinta karena Allah itu yang seperti apa?
    banyak saya mendengar kata cinta karena Allah.

    lalu pertanyaan lainnya dua pemuda putra-putri bagaimana supaya saling mencintai karena Allah. bentuk cintanya yang seperti apa? terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. jawabnya sepengetahuan saya aja ya, biar ga puas, biar kamu semangat untuk lebih mencari terus merasakan nikmatnya mencari dan menemukan ilmu baru :)

    cinta karena Allah itu, yang bertemu karena allah, dan berpisah pun karenaNya. tujuannya mulia, mengharap ridho Allah. visinya tinggi, untuk kebaikan akhirat yang kekal. bukan sekedar duniawi yang mengikuti hawa nafsu belaka :)
    pengejawantahan cinta karena Allah itu banyak ragamnya. saling menasihati dalam kesabaran dan kebenaran, saling mengingatkan bila ia yang dicinta mencondongkan diri pada keburukkan, terlebih, memilih ia yang akan menemani kita, bukan sekedar jasadiah, tapi junjungan tinggi akhlak iman dan islamnya yang mulia.

    bagaimana supaya mencintai karena Allah? dekatkan diri pada pemilik hati, Allah Azza wa Jalla, lalu biarkan tangan-tanganNya yang merajut rasa cinta antara kamu dan dia. :)

    ReplyDelete
  3. mncintai karena Allah yaitu cnta karena agama nya n akhlaknya...cnta karena Allah jika kmu mngatakan ny dahulu kpd Allah dlm bntuk doa sblum kmu bilang kpd org ny..dan kmu ga akn bilang kpd ny untuk mnjadikn ny pacar .tp kmu akn mnjdikn ny pasangn halal mu...
    Cnta krena Allah adl ktika kmu sadar suatu saat kmu akb khilangnny karena yang kekal hanya Dzat Allah swt...
    Cinta karena Allah akan mmbuatmu lbh byak berDoa...
    Cnta dlm diam mnjaga kesucian hati mu dan hati nya ...kmu akn lbh dekat dg Allah krena cinta tsb..
    Cinta datang dari Allah anugrah dari Nya..mka prtma kali adl adukan lah kpda Nya..

    ReplyDelete

comment this post