Saturday, December 1, 2012

bertarbiyah-lah, mengapa berhenti?

jika gelas dibiarkan kosong, diam-diam debu akan mulai  menghampiri, menempel di permukaan
jika gelas dibiarkan berisi air menggenang, lama-lama airnya kian menjadi kotor
maka, alirkan terus airnya...isi terus gelasnya..

kadang, ketika ada di pertigaan jalan, kebebasan memilih arah dikembalikan pada masing-masing diri sebagai 'pengemudi'. Tapi apapun arah yang dipilih, kemanapun jalan yang dituju, pastikanlah bahwa kita tahu dan siap atas konsekuensinya.

Kembali diingatkan bahwan di arah manapun ladangnya, bibit-bibit dakwah harus tetap tersebar.

tapi bagaimana caranya mau menyebarkan bibit bila bibitnya saja tidak ada.Bagaimana mau mengalirkan air jika airnya saja tidak tersedia.

tarbiyah hadir untuk memenuhi persediaan bibit-bibit unggul, untuk mengisi teko yang kemudian dengannya ia mengalirkan air, membuat aliran yang menjernihkan.
tarbiyah membuat seseorang merasa terkayakan ruhiyahnya.
tarbiyah membuat seseorang mengetahui untuk apa sebenarnya ia hidup
tarbiyah membentuk karakter seseorang
tarbiyah membuat hidupmu hidup

bertarbiyahlah, mengapa berhenti?
 sadarlah bahwa kesempatan yang Allah beri, waktunya tidak terulang lagi
takdir seseorang memengaruhi takdir orang  lain. Maka buatlah alasan untuk menjadi seseorang yang baik kehidupannya, sehingga membaikkan pula kehidupan orang lain. Takdir adalah permainan waktu, dan waktu adalah permainan kesempatan. Jika Allah telah memberimu hidayah lewat pembinaan, jangan pernah mau untuk melepasnya.

yakinlah bahwa terdapat balasan bagi orang-orang yang berbuat.
Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan (Q.S Al-An'am:132)
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik ,dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S An Nahl 97)
tarbiyah adalah sarana untuk mewariskan yang terbaik bagi generasi mendatang.
maka, bertarbiyahlah, mengapa berhenti?

doakan terus teman-teman kita yang sedang berhenti, untuk sekedar beristirah saja, lalu tetap melanjutkan perjalanan ini.
mendoakan orang lain sebenarnya adalah sarana layaknya mengamini doa diri sendiri....


2 comments:

  1. terima kasih telah diingatkan.

    terkadang terjun ke dunia masyarakat langsung dan berada pada lingkungan yang heterogen membuat aliran dakwah terkadang berhenti tanpa sadar. Semoga setiap pribadi kita selalu terjaga, memberi manfaat, dan membuat orang lain.. :)

    ReplyDelete

comment this post